Pendidikan

Ini Alasan Desa Cimarga Jadi Tujuan KKN Tematik Mahasiswa ITB Jatinangor

TAHUEKSPRES, SUMEDANG –Pengembangan potensi Desa Cimarga Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang akan menjadi bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Jatinangor.

Hal itu disampaikan Direktur ITB Kampus Jatinangor Prof. Ir. Agus Sujatmika Effendi, Ph.D saat bersilaturahmi dengan Bupati Sumedang, Dr. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M  di Gedung Negara Sumedang Jawa Barat (Jabar), Kamis (26/1/2023).

Baca Juga :  PLH Bupati Sumedang: Lalulintas Lancar di Malam Idul Fitri 1445 H

Direktur ITB Kampus Jatinangor Prof. Ir. Agus Sujatmika Effendi, Ph.D menyampaikan, pemilihan Desa Cimarga sebagai lokasi KKN Tematik didasari akan potensi desa yang mendukung terhadap pengaplikasian program KKN bagi mahasiswa ITB, khususnya dalam pembangunan desa.

“Kenapa Cimarga, karena ada beberapa potensi untuk mengaplikasikan kompetensi mahasiswa ITB. Misalnya infrastruktur jembatan, MCK pengolahan air, sumber energi pakai solar cell dan sebagainya. Rencananya akan dilaksanakan Juli sampai Agustus,” ujarnya.

Baca Juga :  Atap Bangunan Porak Poranda, Angin Puting Beliung Terjang Wilayah Jatinangor Sumedang

Dikatakan, melalui KKN Tematik tersebut, diharapkan bisa direplikasi di desa-desa lain yang memang relatif terpencil di Kabupaten Sumedang.

Sementara itu, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir merespon secara positif rencana tersebut yang menurutnya tidak hanya sekedar konsep, tetapi bisa menjadi solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan yang muncul di perdesaan.

Baca Juga :  Sambut Libur Lebaran, Ini Wahana Baru di Janspark Jatinangor Sumedang

“Kami menyambut positif KKN ini. Tidak hanya sekedar konsep, tapi harus ada produk yang bisa direalisasikan untuk pembangunan desa terutama permasalahan yang muncul,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button