InternasionalSosial

Dewan Minta Pemerintah Pulangkan TKW Asal Sumedang yang Terjebak di Negara Konflik

Sebagai seorang wanita, Anggota Komisi III DPRD Sumedang, Anisa Choeriah, merasakan apa yang menjadi beban seorang ibu seperti yang dialami oleh saudara Lia Agustina Dhinata (39) seorang warga Kabupatén Sumedang, yang menjadi TKW dinegara konflik.

Saat ini, diketahui Lia sedang berada di Negara Suriah. Disana kondisinya tak menentu karena tengah berada di negara konflik.

Baca Juga :  Begini Cerita Lengkap Lia, TKW Asal Sumedang yang Terkatung-katung di Negara Konflik Suriah, Minta Dipulangkan Bupati

Berkaca pada kasus Lia, menurutnya, Lia tidak tercatat di Disnakertrans Kabupaten Sumedang sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk dikirim keluar negeri. Namun justru, Lia disalurkan melalui agen yang ada di Sukabumi.

“Lia ini diduga menjadi TKW illegal, namun karena kebutuhan ekonomi dia rela bekerja diluar negeri,” katanya kepada wartawan melalui seluler, Selasa (22/11).

Baca Juga :  Sempat Demo, 142 Formasi PPPK Sumedang Tak Diakomodir, Honorer Sumedang Kecewa

Untuk itu, Umi Nisa, sapaan akrab Anisa, sudah berkoordinasi langsung dengan Disnakertrans Kabupaten Sumedang untuk bisa memulangkan saudara Lia.

“Disatu sisi saya meminta kepada Pemerintah untuk segera memulangkan warga Sumedang yang sedang berada di Suriah, tapi di sisi lain, saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur tawaran kerja di luar negeri,” katanya.

Baca Juga :  Ribut Soal Pembukaan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 (Pamulihan-Cimalaka) Pada 28 Oktober 2022, Ini Kata Dewan

Ia menambahkan, bagi masyarakat Sumedang yang ingin bekerja di luar negeri pastikan dulu harus melalui saluran resmi dan tercatat di Disnakertrans Sumedang.

Show More

Mamat Munandar

Mamat Munandar adalah pemilik sekaligus pendiri media Tahu Ekspres. Selain pendiri, Matmund, sapaan akrabnya, juga aktif sebagai Redaktur di Tahu Ekspres. Pengalamannya sebagai seorang jurnalis sudah sejak 2012 silam, aktif di media lokal Sumedang, Jawa Barat. Saat ini aktif juga di organisasi profesi wartawan, yaitu Ikatan Wartawan Online (IWO) Cabang Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button