InternasionalSosial

Dewan Minta Pemerintah Pulangkan TKW Asal Sumedang yang Terjebak di Negara Konflik

Sebagai seorang wanita, Anggota Komisi III DPRD Sumedang, Anisa Choeriah, merasakan apa yang menjadi beban seorang ibu seperti yang dialami oleh saudara Lia Agustina Dhinata (39) seorang warga Kabupatén Sumedang, yang menjadi TKW dinegara konflik.

Saat ini, diketahui Lia sedang berada di Negara Suriah. Disana kondisinya tak menentu karena tengah berada di negara konflik.

Baca Juga :  Anggota DPRD Bicara Soal Pj Bupati Sumedang Pengganti Herman Suryatman

Berkaca pada kasus Lia, menurutnya, Lia tidak tercatat di Disnakertrans Kabupaten Sumedang sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) untuk dikirim keluar negeri. Namun justru, Lia disalurkan melalui agen yang ada di Sukabumi.

“Lia ini diduga menjadi TKW illegal, namun karena kebutuhan ekonomi dia rela bekerja diluar negeri,” katanya kepada wartawan melalui seluler, Selasa (22/11).

Baca Juga :  Jalan Rusak Telan Korban Jiwa, DPRD Sumedang Minta Pemkab Turun Tangan

Untuk itu, Umi Nisa, sapaan akrab Anisa, sudah berkoordinasi langsung dengan Disnakertrans Kabupaten Sumedang untuk bisa memulangkan saudara Lia.

“Disatu sisi saya meminta kepada Pemerintah untuk segera memulangkan warga Sumedang yang sedang berada di Suriah, tapi di sisi lain, saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah tergiur tawaran kerja di luar negeri,” katanya.

Baca Juga :  Duduki 12 Kursi di DPRD Sumedang, Caleg Perempuan Diharapkan Perkuat Program Kaumnya

Ia menambahkan, bagi masyarakat Sumedang yang ingin bekerja di luar negeri pastikan dulu harus melalui saluran resmi dan tercatat di Disnakertrans Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button