PeristiwaSiturajaSumedang

BPBD Sumedang Lakukan Asesmen Pasca Longsornya TPT di Situraja

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Tim Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, lakukan asesmen ke lokasi bencana longsor di Dusun Karang Nangka RT 01/RW 04 Desa Karangheulet Situraja Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (10/4/2023).

“Kegiatan asesmen ini dilakukan dalam rangka menindaklanjuti laporan masyarakat, terkait adanya bencana longsor pada Tembok Penahan Tanah (TPT) sebuah saluran irigasi di areal pesawahan Blok Cijeler, Dusun Karang Nangka.

Baca Juga :  BPBD Pastikan Tak Ada Dampak Berarti Kala Sumedang Diguncang Gempa M 3,5

Kami langsung menerjunkan Tim Pusdalops ke lokasi bencana untuk melakukan asesment,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno.

Berdasarkan hasil asesmen di lokasi kejadian, sambung Atang, bencana longsornya TPT saluran irigasi itu, disebabkan karena tingginya intensitas hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga :  Desa Galudra Cimalaka Menjadi Titik Pusat Gempa Sumedang Berkekuatan M 3,5

Atang menyebutkan, akibat bencana longsor tersebut, lahan pesawahan di Blok Cijeler tidak teraliri air. Sehingga dapat mengganggu aktivitas pertanian masyarakat di daerah tersebut.

“Sesuai hasil asesmen, bencana longsor pada TPT saluran irigasi ini perlu penanganan lebih lanjut, yakni perlu perbaikan secara permanen agar kebutuhan pengairan ke lahan pertanian bisa kembali lancar,” tutur Atang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button