PeristiwaSosialSumedang

BPBD Sumedang Baru Mencatat 464 Rumah Rusak Akibat Gempa

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Pasca terjadinya Gempa Bumi susulan yang ke 6 kalinya dengan kekuatan Magnitudo 4,4 di wilayah Kabupaten Sumedang pada 1 Januari 2024 pukul 20.46 WIB, tercatat sekitar 464 Rumah mengalami kerusakan bervariatif.

“Data laporan yang masuk ke BPBD Sumedang sekitar 464 rumah mengalami kerusakan bervariatif saat terjadi Gempa Bumi susulan berkekuatan 4,4 Magnitudo semalam,” ujar Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sumedang, Drs. Atang Sutarno kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (2/1/2023).

Baca Juga :  Agung Gundara DPRD Sumedang: Perbaikan Jalan Legok-Sukatali Baru Dikerjakan 650 Meter

Sebelumnya, sambung Atang, data rumah yang rusak akibat gempa sekitar 312 rumah, sekarang bertambah menjadi 464 rumah. Itupun data yang sudah masuk pagi tadi.

“Kemungkinan laporan data rumah yang rusak akibat gempa itu akan bertambah. Mengingat, baru beberapa kecamatan saja yang sudah melaporkan. Terlebih, kejadian gempa semalam, baru dari Kecamatan Tanjungmedar yang sudah melaporkan adanya kerusakan rumah,” terangnya.

Baca Juga :  Panwaslu Jatinangor Survei Gudang Logistik Pemilu 2024, Pastikan Barangnya Aman dan Bertahan Lama

Sementara itu, Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan, pasca gempa semalam yang kembali mengguncang wilayah Sumedang berkekuatan Magnitudo 4,4 pihaknya langsung melakukan monitoring ke lapangan dan melakukan asesmen dengan melibatkan dinas terkait.

“Kami juga langsung mendatangi RSUD Sumedang untuk memastikan semua pasien baik-baik saja. Lalu, sekitar 48 pasien RSUD Sumedang masih ada yang tinggal di tenda darurat. Namun, jika situasinya memungkinkan semua pasien yang berada ditenda darurat ini akan di alihkan kembali ke ruangan,” ucap Herman.

Baca Juga :  Peduli Keselamatan Masyarakat, PLN Sosialisasikan Jarak Aman Pemasangan Alat Peraga Kampanye

Selain itu, pihaknya menerima laporan adanya sejumlah rumah rusak dengan kategori ringan, sedang dan berat. Terlebih, Pemda Sumedang juga akan memfasilitasi dan memastikan warga terdampak yang rumahnya rusak akibat gempa bumi mendapat bantuan dari pemerintah. (*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button