Pemerintahan

BKKBN Jabar Terus Genjot Capaian Kinerja Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera

Keluarga yang tidak memiliki ketahanan dalam keluarga akan menjadi rentan terhadap berbagai masalah, baik yang berasal dari diri sendiri maupun dari lingkungan luar.

Itulah yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat, Fazar Supriadi Sentosa, saat membuka webinar yang dihelat secara virtual, Rabu (27/9/2023).

Lebih lanjut, Fazar menjelaskan, dalam mengupayakan ketahanan keluarga tersebut. Saat ini BKKBN Jawa Barat memiliki indikator kinerja agar keluarga di Jawa Barat dapat mengakses Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS). Namun pencapaian data terakhir baru 1.395 keluarga yang mengakses PPKS.

Baca Juga :  Sinergitas Anggota DPR RI Bersama BKKBN Jabar Ajak Warga Cimalaka Sumedang Melek Bahaya Stunting 

“BKKBN Jawa Barat memiliki indikator kinerja sebanyak 11.754 keluarga yang mengakses PPKS. Saat ini, jumlah capaian keluarga yang mengakses PPKS se-Jawa Barat per 26 September 2023 sebanyak 1.395 keluarga atau baru 11,8 persen,” ungkap Fazar.

Baca Juga :  BKKBN Apresiasi Upaya Inovatif Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam Upaya Penanganan Stunting 

“PPKS merupakan wadah berbasis institusi dengan kegiatan dan/atau rangkaian kegiatan pelayanan keluarga yang dilaksanakan dalam bentuk komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE), konsultasi dan konseling, pembinaan, serta rujukan,” lanjut Fazar.

Adapun Fazar menceritakan upaya mendongkrak capaian kinerja PPKS di Jawa Barat, pihaknya bekerja sama dengan Balai Diklat KKB Bogor, Garut, dan Cirebon memberikan Pelatihan Teknis PPKS bagi tingkat kabupaten dan kota .

Baca Juga :  Sumedang Borong Penghargaan di Adujak GenRe Jabar 2023

Serta upaya lain yang dilakukan yakni membangun kolaborasi dengan DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Barat supaya lebih memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat dan keluarga melalui layanan PPKS di Balai Penyuluhan Bangga Kencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button