PemerintahanSumedang

Bendung Cariang Ujungjaya Rusak, Pj Sekda Sumedang Lapor ke Pj Gubernur Jabar

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Pj Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati usulkan perbaikan Bendung Cariang Ujungjaya ke Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin di Sumedang Jabar, Jum’at (10/11/2023).

“Kondisi Bendung Cariang di Ujungjaya kini sudah rusak dan dinilai butuh penanganan. Bendung Cariang yang membendung Sungai Cipelang dan mengairi 1.603 hektar ini merupakan kewenangan Provinsi Jabar. Dimana, beberapa waktu lalu jebol tergerus banjir sehingga tak bisa beroperasi,” ucap Pj Sekda.

Baca Juga :  Persoalan Cihamerang Rancakalong Terus Mengemuka, Tim Ahli Diterjunkan Akan Mengkaji Ulang

Tadi, sambung Tuti, dirinya telah melaporkan kondisi Bendung Cariang Ujungjaya yang rusak dan butuh penanganan karena mengairi 1.603 hektare lahan pesawahan.

Ia menyebutkan, Laporannya ke Pj Gubernur disambut baik dan akan segera ditindak lanjuti. Bahkan, Pak Pj Gubernur menyambut baik dan akan dicek secara teknis.

Baca Juga :  Alokasi DBHCHT 2024 di Sumedang Sebesar Rp20 Miliar

“Saat ini untuk penanganan sementara supaya air Sungai Cipelang bisa masuk ke irigasi dibuat tanggul darurat. Pembuatan tanggul darurat supaya air Sungai Cipelang masuk ke saluran irigasi sehingga saat musim semai bulan November nanti sudah bisa dimulai.

Baca Juga :  Pj Bupati Apresiasi Peraih Juara Duta Pariwisata Jabar Asal Sumedang

Sedangkan, sumber pendanaan dari CSR Bank Sumedang Rp 10 juta, Bank BJB Rp 20 juta serta partisipasi masyarakat Ujungjaya.

Namun demikian, Pemda Sumedang sedang berikhtiar semaksimal mungkin terkait Bendung Cariang ini agar bisa diatasi dan ditangani.

Saya juga sudah ke Kementrian PUPR untuk berkonsultasi,” kata Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button