PeristiwaSosialSumedangTNI/Polri

Begini Kata Dandim 0610 Sumedang Saat Meninjau Dampak Disposal Proyek Tol Cisumdawu Blok Cihamerang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dandim 0610 Sumedang Letkol Kavaleri Christian Gordon Rambu M.Si.,(Han) lakukan peninjauan ke lokasi Disposal Proyek Tol Cisumdawu di Blok Cihamerang Desa Sukasirnarasa Rancakalong Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (10/1/2024).

Kunjungan kerja Dandim 0610 Sumedang itu didampingi langsung Camat Rancakalong Cecep Supriatna S.SPT, Danramil 1006 Rancakalong Kapten Infanteri Ajis Jabir, Kapolsek AKP Ahmad Sahidin dan pejabat terkait lainnya.

“Setelah melihat langsung kondisi di lapangan, memang perlu dilakukan penangan serius oleh pihak-pihak terkait. Bahkan, dinilai perlu dilakukan penanganan lebih lanjut,” ucap Dandim.

Selain itu, sambung Dandim, dirinya menyempatkan untuk meninjau sejumlah rumah yang terkena dampak akibat saluran air yang terbendung oleh Disposal Proyek Tol Cisumdawu di Blok Cihamerang.

Baca Juga :  Hasil Quick Count Prabowo Gibran Menang Telak, Umuh Muchtar Minta Pendukung Tetap Jaga Kondusifitas

“Sejumlah rumah yang berada di area Bendung Cihamerang ini dinilai terancam longsor. Meski kondisi air di Blok Cihamerang ini sudah berangsur surut sejak kemarin pasca saluran gorong-gorong yang berada dibawah Disposal kembali mengalir,” katanya.

Menurut laporan yang diterima, sambung Dandim, terdapat sekitar 42 rumah terancam longsor. Sedangkan jumlah pengungsi sementara sebanyak 22 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 91 jiwa

“Mereka yang mengungsi ini, sebagian besar korban tingga sementara di rumah kerabat dan tetangganya.

Baca Juga :  Hingga Desember 2023, Tercatat 252 Peristiwa Bencana Terjadi di Sumedang

Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat yang ada disekitar lokasi agar memperhatikan faktor keamanan dan jangan mendekat ke lokasi.

Menyusul dari pihak kepolisian sudah memasang garis pembatas (police line) agar masyarakat jangan ada yang melintas dari batas itu demi keamanan dan keselamatan kita bersama,” ucap Dandim.

Ia memastikan, saluran gorong-gorong masih tertutup lumpur Disposal Proyek Tol Cisumdawu. Meski, kemarin sempat jebol dan sekarang tertutup kembali oleh Disposal.

“Setelah melihat kondisi di lapangan, perlu dilakukan penanganan lebih lanjut. Dikhawatirkan, volume air ini akan terus naik dan kembali menggenangi area pesawahan warga,” terangnya.

Baca Juga :  Agung Gundara DPRD Sumedang: Perbaikan Jalan Legok-Sukatali Baru Dikerjakan 650 Meter

Tak hanya itu, imbuh Dandim, untuk penanganan warga yang terdampak dirinya memastikan sudah dilakukan penanganan oleh Pemda Sumedang.

Masih kata Dandim, dirinya mengimbau warga tetap waspada namun jangan sampai kewaspadaan kita juga terlalu berlebihan.

“Yang pasti, Forkopimda Kabupaten Sumedang bersama pihak terkait lainnya terus melakukan upaya kajian dan pendalaman terkait persoalan di Cihamerang Desa Sukasirnarasa ini,” tukas Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kavaleri Christian Gordon Rambu. (*)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button