SumedangSumedang Utara

Banjir Padasuka Sumedang Rendam 35 Rumah Warga

Sebanyak 35 rumah warga terdampak akibat banjir yang terjadi di Dusun Cibitung, RT 01 dan RT 02 RW 03, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara pada Rabu sore (26/4/2023).

Hendi Hidayat, selaku Anggota Tagana Sumedang yang turut dalam penanganan banjir menyatakan bahwa banjir disebabkan oleh sungai Cibitung yang meluap akibat hujan deras yang terjadi sejak siang. Ketinggian air mencapai 1 Meter hingga 1,5 Meter merendam daerah tersebut.

“Sungai Cibitung meluap dan menyebabkan banjir yang menggenang 35 rumah di wilayah Dusun Cibitung,” ujar Hendi Hidayat saat dihubungi Tahu Ekspres, Rabu Malam (26/4/2023).

Menurut keterangan saksi mata, Gamis, Kepala Desa Padasuka, kata Hendi, banjir terjadi karena hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak siang. Akibatnya, sungai Cibitung meluap dan air merendam rumah-rumah warga.

Pihak terkait seperti BPBD, PMI, relawan, Pemdes Padasuka, Pemcam Sumedang Utara, Tagana, dan masyarakat sekitar langsung bergerak cepat melakukan penyedotan genangan air dan pembersihan rumah warga yang terdampak banjir.

“Sekarang rumah warga sudah surut, lagi bersih-bersih bersama warga. Adapun beberapa rumah warga yang berada di dataran paling rendah masih dilakukan penyedotan oleh Tim BPBD Sumedang,” kata Hendi.

Hendi Hidayat menyampaikan bahwa Tagana Sumedang terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan pihak terkait untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir. Saat ini, situasi di lokasi banjir sudah mulai kondusif dan para korban sudah menerima bantuan dari pihak terkait.

“Tidak ada warga yang mengungsi, adapun kebutuhan warga saat ini adalah kasur, selimut dan makanan instan,” kata Hendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button