Pemerintahan

Audiensi APDESI Sumedang dengan Pj Bupati Bahas Soal DBH Pajak Daerah 

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sumedang beraudiensi deng Pejabat Bupati Kabupaten Sumedang untuk membahas terkait Dana Bagi Hasil (DBH) pajak Daerah dan Kesejahteraan pemerintah Desa, bertempat di Gedung Negara Sumedang, Kamis (14/12/2023).

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Sumedang Welly Sanjaya menjelaskan, Besaran Dana Bagi Hasil Pajak (DBH) Daerah Tahap II bisa di cairkan akantetapi harus disertai kelengkapan surat pertanggung jawaban kepala desa.

“DBH Tahap II bisa di cairkan, namun harus melengkapi surat pertanggung jawaban kepala desa dan kami menyarankan, saat ada desa yang sulit untuk ditagih agar direkap dan dilaporkan ke BAPPENDA,” jelas Welly.

Baca Juga :  Tuntut Pengesahan Revisi UU Desa, Ini yang Disuarakan Ketua APDESI Sumedang

Welly menerangkan terkait perhitungan pagu ADD & DBH tahun 2023 yang mengacu pada Perbup Nomor 65 Tahun 2018 yang dialokasikan paling sedikit 10%, maka dengan demikian Welly berharap untuk dapat di dorong lebih dari 10% di perubahan tahun 2024 demi kesejahteraan pemerintah desa.

“Perhitungan pagu ADD & DBH tahun 2023 yang mengacu pada Perbup Nomor 65 Tahun 2018 dialokasikan paling sedikit 10%, namun saya berharap dapat di dorong lebih dari 10% di perubahan tahun 2024 untuk kesejahteraan kepala desa dan perangkat desa secara merata,” terang Welly.

Baca Juga :  APDESI Sumedang Ingin Jembatani Sinergitas Desa Dengan Forkopimda

Di luar itu, Welly menyampaikan permintaan kepada Penjabat Bupati Herman Suryatman terkait bantuan keuangan Desa bisa lebih dirapihkan lagi dan mendorong pihak terkait untuk mempunyai skala prioritas terhadap Pemerintahan Desa dam terkait dengan BANKEUDES Kabupaten didorong untuk 270 desa secara merata.

“Bantuan keuangan desa bisa dirapihkan pak untuk semua desa, tentu ada skala prioritas, mungkin bapa juga (mengerti) yang namanya prioritas ada saya yakin dan selanjutnya,” lanjutnya.

Baca Juga :  APDESI Sumedang Ingin Jembatani Sinergitas Desa Dengan Forkopimda

terkait dengan dengan BANKEUDES Kabupaten harapan kami dapat didorong untuk 270 desa secara merata,” katanya, kepada Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman.

Terakhir Welly menyampaikan harapan agar Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Sumedang mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dan bisa terealisasi di masa jabatan Penjabat Bupati Herman Suryatman.

“Harapan saya dan teman-teman di desa, ada semacam bantuan sarprasnya, ada bantuan sarana dan prasarana untuk di desa-desa, mudah-mudahan di masa jabatan bapak ini bisa terselesaikan pak,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button