Pemerintahan

APDESI Sumedang Ingin Jembatani Sinergitas Desa Dengan Forkopimda

Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Sumedang menggelar kerjasama dalam rangka peningkatan kapasitas kepala Desa Se-Kabupaten Sumedang tahun anggaran 2023, dengan tema “Wujudkan Pemerintahan Desa Good Government dan Clean Government” bertempat di Aula Bumi Perkemahan Desa Galudra, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Rabu (27/12).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sumedang, Welly Sanjaya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ikhtiar bersama peningkatan kapasitas Kepala Desa dan merupakan bentuk kekuatan sinergitas antara Desa dan Pemerintah Kabupaten.

Baca Juga :  Tuntut Pengesahan Revisi UU Desa, Ini yang Disuarakan Ketua APDESI Sumedang

“Kegiatan ini adalah kaitannya dengan peningkatan kapasitas Kepala Desa, salah satu bentuk sinergi dengan Forkopimda,” katanya.

Welly menyampaikan banyak aspirasi-aspirasi kepada Penjabat (Pj) Bupati Sumedang, di antaranya kaitan dengan aspirasi perubahan Peraturan Bupati Nomor 65 Tahun 2018, dimana dana ADD selama ini adalah 10% dari dana perimbangan yang nanti akan berimbas apabila kesepakatan antara Eksekutif dengan Legislatif tercapai minimal di angka 20%.

Baca Juga :  Audiensi APDESI Sumedang dengan Pj Bupati Bahas Soal DBH Pajak Daerah 

“Tadipun disampaikan aspirasi-aspirasi kepada pak Pj Bupati, diantaranya kaitan dengan aspirasi perubahan Perbup 65 Tahun 2018, di mana dana ADD selama ini adalah 10% dari dana perimbangan, minimal kita minta diangka 20%, mudah -mudahan tercapai,” katanya.

Apabila itu terjadi, lanjut Welly, kesejahteraan Pemerintahan Desa, Kepala Desa, BPD, perangkat-perangkat Desa termasuk di dalamnya RT, RW, akan ada peningkatan.

Ia juga berharap untuk pemberian Bantuan Keuangan Desa (Bankeudes) seluruh Desa secara merata di Kabupaten Sumedang. Selanjutnya kaitan dengan pelaksanaan Pilkades serentak di dalam masa jabatan kepala desa tidak ada lagi yang di Pj-kan oleh petugas atau pejabat pegawai dari Kecamatan, jadi langsung yang menjabatnya itu Kepala Desa.

Baca Juga :  Audiensi APDESI Sumedang dengan Pj Bupati Bahas Soal DBH Pajak Daerah 

Terakhir, Welly berharap kedepannya dengan banyak kegiatan bersama antara Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah bisa terjalin sinergitas.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan ini, kita bisa secara kapasitas meningkat dan sinergi dengan Forkopimda bisa terjalin,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button