OlahragaSumedang

Ajang Terbesar Sepanjang Sejarah, Turnamen Basket Bupati Cup Antar SMA/SMK se-Sumedang Dimulai

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Sumedang, Rangga Wianggadana resmi membuka Turnamen Basket Bupati Cup antar SMA/SMK se-Kabupaten Sumedang dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 di GOR Tadjimalela Sumedang, Jawa Barat (Jabar), Minggu (27/8/2023).

Ketua PERBASI Sumedang, Rangga Wianggadana mengatakan, kegiatan Turnamen Basket Bupati Cup antar SMK/SMA akan berlangsung mulai hari ini Minggu (27/8/2023) sampai dengan Sabtu (9/9/2023) nanti.

“Alhamdulillah, Turnamen Basket Bupati Cup 2023 antar SMA/SMK ini menjadi ajang terbesar sepanjang sejarah kejuaraan basket di Sumedang. Bahkan, animo pesertanya cukup banyak yang diikuti oleh 21 tim 5 on 5 dan 36 tim 3 on 3.

Jadi, ada dua kategori perempuan dan grup laki laki. Dimana, untuk kelas perempuan ini ada tiga grup yakni, grup A, B dan C yang diikuti oleh 9 SMA/SMK,” katanya.

Sedangkan di kelas laki-laki, sambung Rangga, terbagi menjadi empat grup yakni, A, B, C dan D yang diikuti oleh 12 SMA/SMK.

“Untuk hadiahnya sendiri, peringkat pertama kategori 5 on 5 putra akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp7.500.000. Sedangkan peraih juara ke dua akan mendapat hadiah sebesar Rp4 juta. Dan juara ke tiga meraih Rp2 juta,” terangnya.

Tak hanya itu, sambung Rangga, kepada pemain terbaik akan diberi hadiah sebesar Rp1 juta, kategori pelatih terbaik akan diberi hadiah Rp500 ribu, bagi suporter terbaik mendapat hadiah Rp500 ribu, untuk suporter terbanyak akan diberi hadiah Rp500 ribu, dan koreo terbaik akan mendapat hadiah senilai Rp500 ribu.

“Untuk ketentuan kategori juara diantaranya, peraih Piala Bergilir sekaligus Juara Umum Bupati Cup, kategori suporter, Mpv player dan Best Coach.

Mudah mudahan kegiatan ini berlangsung lancar hingga akhir babak final nanti. Dan melalui turnamen ini dapat melahirkan bibit atlet basket yang handal dan profesional. Terlebih, dapat berkiprah di event selanjutnya, baik di tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Ketua PERBASI Sumedang, Rangga Wianggadana.

Di kesempatan itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, kegiatan Turnamen Basket Bupati Cup dinilai akan berdampak bagi kemajuan, pertumbuhan dan berkembangnya olahraga basket di Sumedang.

“Jadikan kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi antara para atlet basket Sumedang. Saling berbagi pengalaman dan saling berbagi ilmu. Melalui kegiatan ini, saya yakin akan menghasilkan atlet-atlet bola basket yang handal. Terlebih bisa mengharumkan nama baik sekolah, nama baik Sumedang, nama baik Jabar, hingga nama baik Indonesia,” ucap Dony.

Dony berharap, suatu saat akan ada atlet basket Sumedang yang main di tingkat dunia.

“Saya minta untuk semua peserta, laksanakan pertandingan dengan sportif. Tidak ada kekerasan, tidak ada bullying, tidak ada pertengkaran. Semuanya harus sportif, pemain sportif, penontonnya pun sportif,” tukas Bupati Sumedang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button