Sosial

Warga Sumedang ini Kaget Dapati Hewan Langka Hendak Masuk Rumah

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Seekor hewan yang dilindungi jenis Kukang tertangkap oleh warga di Dusun Pangkalan Desa Mulyamekar Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Jumat (19/01/2024).

Penemuan kukang tersebut bermula ketika seorang warga setempat, Gugun, tidurnya terganggu suara bising dari jendela. Sontak ia terkaget melihat hewan primamata tersebut hendak keluar memanjat jendela rumahnya sekira pukul 01.30 WIB.

“Tadi subuh saat saya sedang tertidur denger suara dari arah jendela, pas saya lihat ternyata kukang sedang memanjat,” ungkap Gugun.

Melihat kejadian itu, ia langsung menangkap hewan tersebut kemudian berencana melaporkan kepada pihak berwajib. Untuk sementara hewan tersebut ia amankan di sebuah kandang sebelum di serahkan ke pihak yang berwajib.

“Buru-buru saya tangkap terus di kandangin sementara, sebelum nanti saya serahkan ke pihak yang berwenang ,” kata Gugun.

Kukang merupakan hewan yang dilindungi di Indonesia melalui Keputusan Menteri Pertanian tanggal 14 Februari 1973 No. 66/ Kpts /Um/2/1973. Perlindungan tersebut dipertegas lagi dengan Peraturan Pemerintah(PP) Nomor 7 tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang memasukan kukang dalam lampiran jenis-jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Kukang juga dilarang untuk diperjual belikan sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya pasal 21 ayat 2, yang isinya adalah perdagangan dan pemeliharaan satwa dilindungi termasuk kukang adalah dilarang. Pelanggar dari ketentuan ini dapat dikenakan hukuman pidana penjara 5 tahun dan denda Rp 100 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button