SosialSumedangTanjungmedar

Tak Pakai Uang Negara, Warga Patungan Perbaiki Ruas Jalan Jingkang-Cisumur yang Rusak Parah

Sejumlah warga yang berada di Dusun Cicae Desa Jingkang Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang bergotong royong dengan cara patungan untuk memperbaiki ruas jalan Jingkang-Cisumur, selama 3 hari, 12-14 April 2023.

Ruas jalan dengan status jalan Kabupaten ini sudah lama rusak, bahkan, selama bulan Ramadhan ini, ada 2 mobil yang menjadi korban, terjatuh di jalan yang berlubang.

“Ada dua mobil yang terguling, mobil penarik ayam dan penarik kayu selama bulan Ramadhan ini,” kata Kepala Dusun Cicae, Beben Sugiri, saat dikonfirmasi Tahu Ekspres, Sabtu (15/4).

Baca Juga :  Warga Kecamatan Tanjungmedar Gotong Royong Perbaiki Jalan Pasirhuni-Jingkang

Perbaikan jalan ini merupakan hasil dari patungan para pengusaha, karang taruna dan warga, terkumpul sekitar Rp5 Juta. Pasir batu koral untuk mengurug jalan, lanjut Beben, habis 7 dumtruk. Selain di urug sebagian jalan berlubang juga ada yang dicor.

Menurut Beben, ruas jalan yang diperbaiki ada di Blok 2-3 (Jingkang-Cicae) sepanjang 5 Km. “Jadi sepanjang 5 Km kita perbaiki jalan yang berlubangnya saja, ada yang di urug juga sebagian dicor,” katanya.

Baca Juga :  Warga Kecamatan Tanjungmedar Gotong Royong Perbaiki Jalan Pasirhuni-Jingkang

Hal serupa kata Beben, selama 3 tahun terakhir sudah dilakukan 4x perbaikan jalan oleh warga dengan cara patungan. Karena kondisi jalannya memang sering dilalui truk besar seperti muatan kayu, jadi ketika sudah diperbaiki warga jalan mudah rusak.

Baca Juga :  Warga Kecamatan Tanjungmedar Gotong Royong Perbaiki Jalan Pasirhuni-Jingkang

Beben berharap, pihak pemerintah untuk bisa segera memperbaiki jalan utama yang sering dilalui warga ini untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar, karena kondisi jalannya sudah rusak parah.

Dengan bantuan pemerintah, semoga jalan ini tidak hanya diurug maupun ditambal dengan cara dicor. Akan tetapi bisa di hotmix maupun dirawat beton agar kondisi jalan kuat dan awet saat dilalui kendaraan berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button