NasionalOlahragaSumedang

Saksikan Mulai Besok, Sumedang Jadi Tuan Rumah Pra PON XXI dan Kejurnas Paralayang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Mulai tanggal 1 sampai 8 September 2023, Kabupaten Sumedang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 dan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga (Cabor) Paralayang untuk Cross Country dan Akurasi.

“Sebanyak 174 pilot dari 17 Provinsi akan akan turun dalam even yang digelar di Kawasan Jatigede. Ini kerja bareng Pemda Kabupaten Sumedang beserta lintas instansi dalam binaan Forkopimda dengan pihak FASI, KONI dan Kemenpora. Nah, Sumedang jadi tuan rumah,” kata Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Jadi Pemateri Executive Leadership Program Bank Indonesia

Dikatakan Herman, kegiatan tersebut, tentu bukan hanya sebatas kejuaraan olahraga, tetapi juga akan memacu pariwisatanya.

“Sejatinya olahraga paralayang ini merupakan pemantik pariwisata. Untuk itu, kita akan suguhkan atraksi kesenian, potensi pariwisata, kuliner hingga potensi alamnya,” ucap Herman.

Rencananya, sambung Sekda, para pilot akan melakukan fun fly di Taman Seribu Cahaya sekaligus melihat keindahan pemandangan eksotis Jatigede juga destinasi unggulan Jawa Barat yaitu Menara Kujang Sapasang.

“Mudah mudahan para atlet dari berbagai penjuru nusantara bukan hanya ikut kompetisi di Sumedang, tetapi juga menikmati potensi Pariwisata Kabupaten Sumedang. Kalau sudah ke Sumedang, nanti akan kembali lagi ke Sumedang,” tuturnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Sampaikan Keberhasilan Penanganan Stunting di Sumedang

Sekda berharap, Sumedang sebagai Paradise Van Java bisa ditata menjadi kabupaten pariwisata dan di dalamnya menjadi surganya olahraga paralayang.

“Mudah mudahan apa yang menjadi harapan Bupati dan Wakil Bupati serta harapan kita semuanya Sumedang bisa menjadi Kabupaten Pariwisata semakin terwujud. Dan tentu didalamnya menjadi surga pariwisata, surga paralayang,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumedang, Rahmat Juliadi, menyebutkan, pembukaan Babak Kualifikasi PON XXI dan Kejurnas Paralayang akan dilaksanakan Hari Sabtu (2/9) di Toga hills jam 7.30 WIB. “Pembukaan hari Sabtu Jam 7.30 di Toga Hills, untuk registrasi ulang peserta di Plaza Asia dan Latihan Resmi di Toga Hills hari Jum’at,” katanya kepada Tahu Ekspres melalui seluler, Kamis (31/8).

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Minta Guru PJOK Wujudkan Zero Bullying di Sekolah

Ia juga menjelaskan, nomor lomba terbagi dua, yaitu Accuracy dan XC Race To Goal. Sedangkan untuk lokasi take off di Toga Hill dan Batudua Kabupaten Sumedang. “Untuk Landingnya di Toga, dan Halaman IPP Sumedang, sedangkan untuk landing di Bakom alternatif,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button