EkonomiJatinangorSumedang

RAT Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur Diwarnai Pemberian Beasiswa dan Hadiah Simpanan Terbanyak

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur Tutup Buku 2023 diwarnai dengan pemberian hadiah bagi simpanan terbanyak dan penyaluran bea siswa kepada sejumlah siswa SD, SMP serta SMA yang berprestasi dari anggota keluarga Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Mitra Usaha di GOR Futsal Bima desa Cisempur Jatinangor Sumedang Jawa Barat (Jabar), Sabtu (2/3/2024).

Selain diikuti oleh anggota KSP, kegiatan RAT KSP Mitra Usaha Cisempur Tutup Buku 2023 juga dihadiri oleh Kepala Desa Cisempur, Forkopimcam Jatinangor, Dewan Koperasi Daerah Sumedang, dan perwakilan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumedang.

Ketua KSP Mitra Usaha Cisempur, Encur Mansyur melalui Wakil Ketua, Satia Santana menyatakan kegiatan RAT Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur Tutup Buku 2023 diisi dengan beberapa sesi diantaranya, pemilihan pimpinan RAT, pembacaan notulen RAT KSP Mitra Usaha Tutup Buku Tahun 2023, laporan umum pertanggungjawaban, laporan hasil pemeriksaan pengawasa tahun 2023, pembahasan rencana kerja dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Koperasi (RAPBK) untuk Tahun Buku 2024, sesi tanya jawab, pengesahan keputusan-keputusan hasil RAT, penandatanganan berita acara RAT tahunan, dan pemilihan badan pengawas periode 2024-2026.

Baca Juga :  Besok Masa Tenang Pemilu 2024, Panwaslu Serukan Gerakan Jatinangor Bebas APK

“KSP Mitra Usaha Cisempur ini berubah nama menjadi Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur. Alhamdulillah, laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas selama tahun 2023 disajikan dan disusun dalam bentuk buku,” katanya.

Laporan pertanggungjawaban itu, sambung Satia, disampaikan pada anggota Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur agar dapat dengan mudah dipelajari, dikaji dan dimengerti. Selanjutnya, dapat dibahas dalam kesempatan RAT Tutup Buku 2023.

Baca Juga :  Besok Masa Tenang Pemilu 2024, Panwaslu Serukan Gerakan Jatinangor Bebas APK

“Tahun ini juga merupakan laporan pertanggungjawaban yang ke-4 pengurua Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur periode 2020-2024,” ujarnya.

Anggota simpanan terbanyak Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur bersama unsur Forkopimcam Jatinangor , Sabtu (2/3/2024). (FOTO: Alan Dahlan)

Ia melanjutkan, Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur itu telah berdiri sejak tahun 1984. Sehingga, dirinya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para pendiri Koperasi terdahulu atas berdirinya Koperasi Mitra Usaha yang dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan.

“Olehsebab itu, kami berharap keberadaan Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur ini harus terus lebih maju lagi. Baik pelayanan terhadap anggota, maupun masyarakat. Terlebih, dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas usaha yang dikelola. Sehingga, pada akhirnya berjalan sesusai harapan dan cita-cita bersama yakni, Menuju arah sejahtera anggota, pengurus maupun masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :  Besok Masa Tenang Pemilu 2024, Panwaslu Serukan Gerakan Jatinangor Bebas APK

Selain itu, sambung Satia, untuk rencana kerja Koperasi Konsumen Mitra Usaha Cisempur Tahun 2024 memiliki visi, meningkatkan kesejahteraan anggota, pengurus serta masyarakat pada umumnya sebagai bagian tidak terpisahkan dari tatanan perekonomian nasional yang demokratis dan berkeadilan.

“Kemudian misinya, menjadikan kemitraan yang saling menguntungkan bagi setiap anggota demi meningkatkan kesejahteraan dalam kehidupannya. Melahirkan wirausaha muda sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat. Meningkatkan UMKM dan menumbuhkan jiwa koperasi di masyarakat,” tukasnya. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button