Pemerintahan

Puluhan Wartawan di Sumedang Ikuti Bimtek Jurnalistik OKK

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sedikitnya 30 wartawan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumedang di Aula Hotel Kencana Jln. Pangeran Kornel Nomor 216 Sumedang Jawa Barat (Jabar), Sabtu (24/12/2022).

Ketua PWI Sumedang, Ade Hadeli menyatakan, kegiatan Bimtek Jurnalistik tersebut diikuti oleh 30 wartawan yang biasa melakukan tugas peliputannya di wilayah Sumedang.

“Kegiatan ini merupakan salahsatu prosedur atau ketentuan organisasi PWI bagi calon anggota PWI Kabupaten Sumedang yang baru.

Alhamdulillah, saat ini di Sumedang dapat menggelar Bimtek Jurnalistik OKK sebagi sarana untuk menjaring keanggotaan PWI yang baru,” tuturnya.

Menurut Ade, keberadaan organisasi PWI sekarang akan lebih terbuka lagi dalam menjaring keanggotaannya.

“Tentu saja, kegitan ini dalam upaya agar organisasi PWI lebih baik lagi kedepannya. Terlebih, bagi seluruh peserta Bimtek OKK yang notabene sebagai seorang jurnalis, diharapkan dapat menjalankan tugasnya sebagai seorang wartawan yang profesional. Bahkan, dituntut untuk dapat memahami kode etik jurnalistik,” tandasnya.

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Agus Muslim mengapresiasi kegiatan Bimtek Jurnalistik OKK bagi wartawan di Sumedang.

“Kiprah wartawan dan organisasi yang dinaunginya sekarang dituntut harus bisa menyesuaikan dengan situasi saat ini. Termasuk di era teknologi digital saat ini.

Namun, saya meyakini wartawan bersama perusahaan medianya akan lebih maju dan berkembang jika 3 unsur ini dijalankan dengan baik yakni kolaborasi, transformasi, dan inovasi,” terangnya.

Olehsebab itu, terang Agus, melalui kegiatan Bimtek Jurnalistik OKK hubungan Pemkab Sumedang dan wartawan yang tergabung di organisasi PWI semakin lebih baik lagi kedepannya.

Sementara itu, Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat menyebutkan bahwa Bimtek Jurnalistik OKK merupakan salah satu tahapan bagi wartawan untuk dapat bergabung menjadi Anggota PWI. Terlebih, melalui tahapan kegiatan itu calon anggota dapat mengenal dan mengetahui tentang arah tujuan organisasi PWI.

“Bimtek Jurnalistik OKK ini dinilai sangat penting untuk para wartawan. Sebab, mereka juga akan mendapat bantuan perlindungan dalam menjalankan profesinya. Terlebih pula, organisasi PWI merupakan salah satu konstituen Dewan Pers,” katanya.

Dikatakannya, ada beberapa narasumber atau pemateri dalam acara Bimtek Jurnalistik OKK tersebut diantaranya, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jabar, Ahmad Syukri yang mengusung tema Sejarah PWI dan Keorganisasian.

“Pemateri kedua oleh Agus Dinar Bidang Advokasi PWI Jabar. Narasumber ketiga dengan tema, Teknik Menulis Berita disampaikan oleh Ati Suprihati.

Dan pemateri ke-empat dipaparkan oleh Tantan S dengan mengusung tema Tantangan Wartawan di Era Digitalisasi,” ucap Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button