Budaya

Produknya Sudah Sampai ke Mancanegara, Ini Kisah Melcyana Wulandari Pengusaha Wayang Golek Asal Sumedang

Berawal dari program wirausaha dari Bank Indonesia (BI), Melcyana Wulandari berhasil mengembangkan usaha kerajinan wayang golek miliknya hingga tembus ke Eropa.

Wanita yang akrab disapa Melcy ini menceritakan, produk yang dihasilkannya sudah diminati baik secara nasional dan internasional.

“Alhamdulillah sudah ada yang beli dari Inggris, Amerika, jepang, Filipina, India lebih dari 10 negara pokoknya. Ya, meskipun skalanya masih kecil belum kontainer” ungkapnya saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Minggu (15/10/2023).

Melcy menceritakan awal ia merintis usahanya bermula saat ia melihat wayang golek dijajakan di daerahnya, yakni Dusun Citali Desa Cipatasari Kecamatan Pamulihan yang memang warga disana sering memproduksi wayang golek.

Baca Juga :  Kolaborasi Eksklusif, Kang Rinso dan Gentra Siloka Sosialisasikan Perda Tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Jatinangor

Namun, ia melihat potensi lebih yang bisa dikembangkan dari wayang golek di daerahnya. Hingga pada tahun 2017 ia memutuskan untuk membuat wayang golek karakter yang bisa menyesuaikan dengan orang / karakter sesuai yang dipesan dengan kualitas yang bisa lebih bersaing.

“Wayang kita sudah masuk NET TV, waktu itu wayang golek karakter masuk di acaranya Andre dan Hesti,” lanjutnya.

 

Wayang Karakter Kreasi Melcyana Art (foto:dok Melcyana Art)

Banyak pihak yang tertarik dengan produk buatan Melcy dengan merek dagang Melcyana Art. Ia sangat menjaga kualitas produknya mulai dari bahan kayu, kain, hingga cat nya sangat diperhatikan karena menurutnya pasar terbesarnya memang wayang golek untuk souvernir.

Baca Juga :  Kolaborasi Eksklusif, Kang Rinso dan Gentra Siloka Sosialisasikan Perda Tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Jatinangor

Mulai dari institusi negara (Kepolisian, Kementerian, Pemerintah Daerah, dll) hingga swasta dan BUMN sudah banyak memesan produk dari Melcyana Art.

“dari Polda Metro Jaya, Bank BNI, Bank BJB, Bank Indonesia, Kedutaan Besar Amerika, sampai Kementerian-kementerian sudah sering pesan,” terangnya.

Saat ini ia sudah mempekerjakan lebih dari 5 pengrajin yang membantu memproduksi wayang golek di tempatnya. Namun ia mengaku terkadang kesulitan mencari orang tambahan yang bisa membuat wayang golek dikala pesananan sedang membludak.

Baca Juga :  Kolaborasi Eksklusif, Kang Rinso dan Gentra Siloka Sosialisasikan Perda Tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Jatinangor

“hambatannya kesulitan mencari penerus yang tertarik untuk membuat wayang golek, karena saat ini anak muda lebih tertarik dengan hal yang berbau teknologi atau gadget. Jadi kalo lagi banyak pesanan ya mencari dari luar siapa aja yang bisa dan mau,” jelasnya.

Adapun untuk wayang golek yang produksinya dibanderol dengan harga mulai dari Rp200ribu – Rp1,5 juta. Meli pun sering mempromosikan produknya melalui media sosial Instagram dengan akun @wayang.melcyana, serta di tiktok dengan akun @wayang.melcyana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button