SosialSumedang

PLN UP3 Sumedang Beri Bantuan Listrik Gratis untuk 36 Pelanggan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – PLN UP3 Sumedang turut ambil bagian dalam kegiatan Penyalaan Serentak Light Up The Dream bersama 17 Unit PLN se-Jawa Barat (Jabar), Jum’at (15/12/2023).

Program berkelanjutan PLN untuk memberi bantuan pemasangan listrik gratis pada masyarakat kurang mampu.

Hari ini PLN Sumedang menyalakan total 36 pelanggan yang tersebar di seluruh Unit Layanan PLN Sumedang di dua Kabupaten, Sumedang dan Majalengka.

Kali ini mengambil lokasi peresmian penyalaan di Desa Wanajaya, Kec. Kasokandel Kabupaten Majalengka, rumah ibu Salmi. Perempuan berusia 70 tahun itu sehari – hari mencari hasil bumi dari kebun dekat dengan kediamannya.

Sebelumnya ibu Salmi menyalur listrik dari Saudaranya dengan penggunaan seperlunya. Tinggal bersama salah satu anaknya, rumah sederhana itu ditinggali 2 keluarga.

Karena keterbatasan kemampuan bahasa, dibantu diterjemahkan oleh anaknya, Bu Salmi menyampaikan terima kasih atas bantuan penyambungan listrik untuk rumahnya.

“Hatur nuhun PLN atos masihan bantuan listrik ka bumi abdi (Terima kasih PLN sudah memberikan bantuan listrik ke rumah saya, red), mugi-mugi PLN sukses dan pegawainya sehat,” ujarnya.

Didampingi Kusnadi perangkat desa setempat, dirinya menyampaikan terima kasih sebagai perwakilan warga Desa Wanajaya.

Baca Juga :  PLN Pulihkan Jaringan Listrik Dampak Angin Puting Beliung di Jatinangor

“Terima kasih Saya sampaikan sebagai perwakilan warga Desa Wanajaya atas bantuan penyambungan listrik gratis kepada warga Desa kami.

Diharapkan, program ini dapat berkelanjutan sehingga lebih banyak lagi warga yang bisa dibantu,” imbuhnya.

Program Light Up The Dream merupakan inisiatif PLN untuk memberikan akses listrik bagi masyarakat yang belum merasakan layanan listrik secara madiri. Program ini juga bertujuan untuk menambah jangkauan penyaluran tenaga listrik sampai dengan pelosok negeri.

“Selama Tahun 2023, PLN UP3 Sumedang telah menyalakan 147 Pelanggan dengan berbagai peruntukan baik Rumah Tangga maupun Rumah Ibadah serta sekolah,” ucap Eko Hadi Pranoto, Manager PLN UP3 Sumedang.

“Kami meminta doa kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah kabupaten Sumedang dan Majalengka untuk dapat melanjutkan program ini secara konsisten,” tambahnya.

Program tersebut merupakan dukungan PLN untuk pembangunan berkelanjutan, demi mewujudkan kesetaraan kesejahteraan. Menjamin akses energi yang terjangkau, andal dan berkelanjutan di seluruh lapisan masyarakat.

“Pada kesempatan ini kami juga sampaikan, bahwa kami memerlukan dukungan dari seluruh warga masyarakat untuk dapat melaporkan segala macam ketidakwajaran pada jaringan listrik yang ada di lingkungan sekitar, Kami himbau untuk tidak melakukan tindakan apapun karena akan sangat berbahaya,” tukasnya.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Pastikan Robohnya Dua Tiang Listrik di Cadas Pangeran Akibat Pohon Tumbang

Eko berharap, masyarakat dapat menggunakan pintu layanan PLN yang dapat di akses masyarakat dimanapun berada.

“Sebaiknya segera hubungi kami melalui PLN Mobile atau Contact Center 123, agar segera bisa kami tangani dengan lebih cepat, sehingga penyaluran energi listrik kepada masyarakat dapat dinikmati secara optimal,” tutupnya.

Lebih dari itu, Light Up The Dream adalah bentuk nyata kontribusi PLN dalam merealisasikan Ratio Elektrifikasi 100 persen, khususnya di provinsi Jawa Barat, yang sejalan dengan Program Jabar Caang.

Program pemberian akses tenaga listrik bagi masyarakat miskin dan tidak mampu yang berada di Jawa Barat melalui Skema Pentahelix, dimana melibatkan unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media untuk bersinergi dalam pembangunan.

Direktur Legal dan Human Capital PT PLN (Persero), Yusuf Didi Setiarto mengatakan hal ini merupakan langkah nyata dari PLN UID Jabar dalam menghadirkan listrik di tengah-tengah masyarakat, akan banyak dampak positif dari program Light Up The Dream ini, anak-anak bisa belajar di malam hari dan juga bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman.

Baca Juga :  PLN Siagakan Personil Jelang Nataru, Layanan Kelistrikan di Sumedang-Majalengka Dipastikan Aman

“PLN UID Jabar harus terus berupaya mencari dan menyisir masyarakat yang belum menikmati aliran listrik, dan jika semua sudah terlistriki maka PLN UID Jabar diharapkan bisa menghadirkan dream-dream (mimpi-mimpi) yang lain, sehingga kehadiran insan PLN akan terus ada dan relevan di Bumi Pasundan,” Ucap Yusuf Didi.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia juga menambahkan, gerakan Light Up The Dream ini merupakan wujud nyata kolaborasi insan PLN dalam mewujudkan mimpi energi berkeadilan dengan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses listrik yang lebih luas dan terjangkau terutama bagi masyarakat.

“Sesuai namanya, program LIGHT UP THE DREAM berisi harapan kami, PLN, yang ingin menyalakan mimpi masyarakat kurang mampu menikmati listrik sehingga pemerataan energi bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” ucap Susiana.

Susiana Mutia mengatakan harapan kita bersama adalah dengan program yang diinisiasi oleh pegawai PLN ini dapat membantu menyalakan mimpi masyarakat meningkatkan kondisi perekonomian, menghadirkan listrik yang aman, dan tentunya menambah kenyamanan untuk kehidupan masyarakat sehari-hari. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button