Budaya

Meriah, Penutupan Gebyar Festival Wayang Golek Menghadirkan Putra Giriharja 3

TAHUEKSPRES.COM, CIMANGGUNG – Penutupan Gebyar Festival Wayang Golek se-Kabupaten Sumedang yang digelar di kediaman ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Hj. Sonia Sugian di Dusun Cikandang Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung berlangsung meriah.

Selain memberikan hadiah kepada para pemenang, sekaligus penampilan dalang kondang Dadan Sunandar Surya Putra Giri Harus 3.

“Alhamdulillah kegiatan festival wayang golek berjalan dengan baik, yang diikuti 9 pamilon, juara pertama Ilham Muhammad Fauzi dari Jatinangor (Yayasan Sukma Sajati), juara ke dua Yusup Mustofa asal Situraja dan juara tiga Muhammad Darma Maulana Yusuf,” ucap Sonia Sugian. Minggu (22/05/2022).

Baca Juga :  Konsisten Bentuk Jaringan Hingga Tingkat Bawah, Sonia Sugian Dapat Pujian Dari Anggota DPR RI

Sonia mengaku, melihat penampilan para peserta kemarin, ternyata banyak dalang-dalang muda di Kabupaten Sumedang yang berkualitas.

“Banyak nonoman muda yang mahir membuktikan penampilannya dalam mengembangkan seni wayang golek,” tambahnya.

Sonia menjelaskan, gebyar festival digelar dalam rangka Ngamumule Budaya Sunda Kesenian Wayang Golek, yang digagas Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Sumedang bekerjasama dengan Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Konsisten Bentuk Jaringan Hingga Tingkat Bawah, Sonia Sugian Dapat Pujian Dari Anggota DPR RI

“Selain memberikan ruang, sekaligus menjadi ajang menjaring nonoman seni wayang, yang bisa mengharumkan nama baik Sumedang, terlebih saat ini Sumedang ditetapkan sebagai Sumedang Puseur Budaya Sunda (SPBS), kami juga hadirkan juri berkopeten yakni ketua Pepardi Jawa Barat yang akan menilai penampilan para dalang-dalang,” tambahnya.

Menurutnya, Festival ini merupakan yang perdana, rencananya kedepan akan rutin digelar tiap dua tahun sekali, dengan memperebutkan piala bergilir KPPG Sumedang.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, bisa melahirkan dalang muda profesional yang bisa memajukan kesenian wayang di Kabupaten Sumedang,” tutupnya.

Baca Juga :  Konsisten Bentuk Jaringan Hingga Tingkat Bawah, Sonia Sugian Dapat Pujian Dari Anggota DPR RI

Sementara itu, juara pertama festival wayang golek Ilham Muhammad Fauzi mengaku bangga bisa berkontribusi memeriahkan gebyar festival wayang golek se-Kabupaten Sumedang.

“Alhamdulillah, berkat dukungan dari semua dan tidak disangka bisa menjadi yang terbaik, kedepan saya akan lebih giat berlatih sehingga kemampuan saya dalam melestarikan seni wayang bisa terus meningkat,” ucapnya didampingi ketua Yayasan Sukma Sajati Jlo Joko Loyor.***

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button