BudayaSumedang

Lomba Pidato Bahasa Sunda Meriahkan Hari Jadi Sumedang ke-445

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dewan Kebudayaan Sumedang (DKS) menyelenggarakan Lomba Pidato Berbahasa Sunda dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sumedang ke-445.

Peserta lomba pidato, terdiri dari 3 kategori yakni Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Sumedang, Mahasiswa dan Umum, serta Pelajar SMP se-Kabupaten Sumedang.

Dalam kegiatan ini, DKS bekerjasama dengan SMTV dan TiNewss sebagai pelaksana kegiatan.

Asep Anang Supriatna, Direktur SMTV yang menjadi Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka Ngamumule Bahasa Sunda.

“Sumedang, sebagaimana Perda No 1 Tahun 2020, adalah sebagai Puseur Budaya Sunda atau SPBS, sehingga lomba pidato ini diharapkan akan menjadi salah satu cara ngamumule bahasa Sunda,” katanya kepada media, Jum’at (28/4/2023).

Lebih lanjut Asep Anang menyebut secara sengaja pesertanya adalah Kepala Desa, dengan alasan bahwa mereka adalah leader di wilayahnya masing-masing, sehingga tepat menjadi contoh bagi seluruh masyarakat di kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Kepala Sekolah di Sumedang Ikuti Gathering Edutainment Pendidikan Teknologi Seni dan Inovasi

Asep juga menyebut atas permintaan dari beberapa mitra DKS dan juga Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang untuk menambah kategori, yakni Mahasiswa dan Umum serta Pelajar SMP.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut, Asep Anang menyampaikan bahwa dalam kegiatan Lomba Pidato ini, akan memberikan penghargaan kepada para juara berupa thropy dan juga uang pembinaan.

“Ini hiburan, lomba ini untuk menentukan siapa yang berhak menjadi yang terbaik. Untuk itu, kami telah mengundang juri-juri terbaik dari internal maupun ekternal DKS,” tambahnya.

Asep Anang memberikan penjelasan teknis terkait peserta Lomba dan bagaimana cara mereka mengikuti lomba.

Untuk Peserta dari berbagai kategori, silakan melakukan pendaftaran melalui Link :

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Pastikan Jalan Tolengas-Jatigede Mulus Tahun 2024 Ini

https://bit.ly/formdaftarlombapidatobahasasunda

Selanjutnya mereka akan dihubungi oleh Panitia untuk menyelesaikan proses administrasi berikutnya.

Peserta, harus membuat pidato dalam rekaman video dengan format landscape berdurasi minimal 3 menit dan maksimal 5 menit, serta dikirimkan ke email: dewankebudayaansumedang@gmail.com

Semua video yang diterima, menjadi milik panitia. Panitia akan melakukan publishing pada akun Youtube SMTV Digital dan TiNewss Channel.

Selanjutnya, dari setiap kategori, Juri akan memilih 10 orang terbaik untuk diikutsertakan dalam babak final.

“Insya Alloh babak final akan dilakukan di Gedung Creative Center tanggal 10 Mei 2023, mereka berpidato dalam bahasa Sunda secara langsung, dan akan live di SMTV, Youtube SMTV dan YouTube TiNewss Channel,” pungkas Asep Anang.

Tercatat diantaranya ada Prof. Dr. Ir. H Agus Pakpahan (Dewan Penasehat DKS), Dr. Cahya Hedy (Dewan Pembina sekaligus Dekan FBM Isbi Bandung), Dr. Asep D Darmawan (Dewan Pembina DKS/ASN Sumedang), Dr. Kuswara Wakil (Rektor III Unsap), Dr. Hj. Cucu Suhartini, M. Hum (Ketua MGMP Bahasa Sunda Kabupaten Sumedang), Dr. Diah Gusrayani (Dosen UPI), Maman Koswara (Ketua Umum Forum KIM Kabupaten Sumedang), dan Mohammad Budi Akbar (Kabid Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Sumedang), serta Tatang Sobana yang juga merupakan Ketua Umum DKS.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, DPD PAN Sumedang Mulai Lakukan Penjaringan Cabup dan Cawabup

Untuk diketahui, bagi calon peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini, bisa klik link : https://linktr.ee/lombapidatobahasasunda untuk informasi lebih lanjut.

Panitia Pelaksana juga mengimbau, selain peserta juga bagi mitra yang ingin kolaborasi, baik sebagai sponsor maupun kerjasama dapat menghubunginya melalui email ke : dewankebudayaansumedang@gmail.com (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button