NasionalParlemenSumedang

DPRD Sumedang Apresiasi Peresmian Tol Cisumdawu oleh Presiden RI Jokowi

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia turut menghadiri acara Peresmian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), di Twin Tunnel Tol Cisumdawu Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (11/7/2023).

Peresmian dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr. Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc, Menteri BUMN Dr. H. Erick Thohir, B.A., M.B.A, kemudian Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M., H. Erwan Setiawan., S.E., dan para undangan lainnya.

Akur sapaan akrab Asep Kurnia mengatakan, dengan diresmikannya Jalan Tol Cisumdawu, akses menuju ke kabupaten/kota sekitar menjadi lebih mudah.

Baca Juga :  Asep Kurnia Penuhi Aspirasi Masyarakat Jatiroke Sumedang 

Oleh karena itu, kata Akur, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sumedang harus semakin berbenah agar Sumedang menjadi kota tujuan bukan hanya lintasan saja.

“Kita mempunyai akses yang lebih cepat menuju Cirebon dan Bandung, yaitu dengan adanya Tol Cisumdawu. Semoga bisa dapat digunakan secara optimal dan Sumedangnya pun semakin berbenah. Apalagi sampai menjadi tujuan wisata,” ujarnya.

Sementara itu, peresmian Jalan Tol Cisumdawu dilakukan oleh Presiden RI Jokowi yang ditandai dengan penempelan kartu Tol otomatis dan penandatangan prasasti.

Baca Juga :  Asep Kurnia Penuhi Aspirasi Masyarakat Jatiroke Sumedang 

Jokowi mengatakan pembangunan jalan Tol Cisumdawu memakan waktu hingga 12 tahun.

“Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali. Dan supaya kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya, sudah 12 tahun,” ujarnya.

“Dan kita berada di terowongan kembar atau Twin Tunnel, yang panjangnya 472 meter. Di seluruh Indonesia tidak ada. Jalan Tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat ini,” tambahnya.

Jokowi mengungkapkan, jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 KM ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun. Separuh dari anggaran itu menggunakan APBN.

Baca Juga :  Asep Kurnia Penuhi Aspirasi Masyarakat Jatiroke Sumedang 

“Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun, yang dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta,” ungkapnya.

Jokowi berharap beroperasinya Tol Cisumdawu akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati. Apalagi, Bandara Kertajati akan beroperasi penuh pada Oktober 2023.

“Kita harapkan, dengan Airport ini selesai, tadi saya sudah sampaikan, Airport Kertajati, Jalan Tol Cisumdawu selesai, Airport Kertajati nanti di bulan Oktober sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji Jabar dan beberapa penerbangan yang sudah masuk,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button