PeristiwaSumedangSumedang Selatan

Lahan Seluas 5 Hektare Terbakar di Sumedang Selatan, Asal Api Masih Menjadi Misteri

Kebakaran lahan kering kurang lebih seluas 5 Hektare terjadi di Blok Pasir Sela / Nangorak Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang pada Hari Kamis (20/7). Kebakaran mulai terlihat dari kejauhan sekira Jam 17.30 dan bisa dipadamkan Jam 20.15 WIB.

Asal api masih menjadi misteri, belum diketahui karena tidak ada saksi mata yang melihat langsung, warga mengetahui titik api setelah membesar. Sedangkan untuk titik api ke tempat parkir mobil jauhnya sekitar 1 Km.

Baca Juga :  Hujan Disertai Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah Warga di Sumedang

Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Adang, yang berada dilokasi kejadian menyebutkan, lahan yang terbakar seluas 5 hektare berhasil dipadamkan sekira Jam 20.15 WIB oleh tim Pusdalops BPBD Sumedang sebanyak 7 orang dibantu masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Baca Juga :  Longsor di Desa Girimukti Sempat Timbun Jalan Sumedang - Subang

“Kebakaran lahan seluas 5 hektare bisa dipadamkan sekitar jam 20.15 WIB bersama masyarakat, aparatur desa, BPBD, Tagana, kemudian pihak Kecamatan, Babinmas, Babinsa,” terangnya dilokasi kejadian.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang hendak membuka lahan, harap berhati-hati dan jangan sekali-kali melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Kalaupun ada riak-riak titik api, kata Adang, harus segera untuk dipadamkan supaya tidak menjalar ke wilayah lainnya.

Baca Juga :  BPBD Sumedang: Waspadai Hidrometeorologi Saat Musim Hujan

“Itu saja yang bisa kami laporankan dilokasi, terima kasih kepada masyarakat yang telah mendukung. Mari kita jaga alam, alam pasti jaga kita,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button