SosialSumedangTanjungkerta

Bumdesma Permata Tanjungkerta Bantu Turunkan Angka Stunting di Sumedang Melalui Dana Sosial

Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUM Desa Bersama) Permata Sejahtera Abadi yang berdomisili di Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang membantu menurunkan angka stunting melalui dana sosial yang diperoleh dari hasil surplus Tahun 2023.

Lembaga Keuangan Desa (LKD) ex. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) ini setiap tahunnya selalu menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako, uang tunai, maupun alat produksi. Kegiatan penyaluran bantuan ini dilaksanakan pada Hari Selasa, 18 Juli 2023 di Kantor BUM Desa Bersama Permata Sejahtera Abadi, Dusun Warung Asem Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Petani Tembakau di Sumedang Minta Optimalkan Sapras dari DBHCHT

“Tahun ini kita juga membantu program Pemda Sumedang melalui Gerakan Bersama (Geber) Menurunkan Stunting,” kata Direktur Utama BUM Desa Bersama Permata Sejahtera Abadi, Ade Suhendar, kepada Tahu Ekspres melalui sambungan seluler, Rabu (19/7).

Baca Juga :  Petani Tembakau di Sumedang Minta Optimalkan Sapras dari DBHCHT

Pemberian bantuan sosial untuk stunting, lanjut Ade, bisa berupa pemberian nutrisi seperti telur ayam kepada bayi stunting.

Selain itu juga, pemberian bantuan sosial ini terbagi dua yang diberikan kepada 12 desa yang ada di kecamatan Tanjungkerta. Pertama dana sosial diberikan berupa zakat 2,5% kepada anak yatim dan RTM.

Kedua berupa alat produksi untuk kelompok dan bantuan lainnya sesuai kebutuhan di desa masing-masing melalui proposal yang diajukan kepada pihak BUM Desa Bersama. “Untuk bantuan alat produksi dan lainnya besaran dana sosialnya berdasarkan aset kelompok dari setiap desa,” katanya.

Baca Juga :  Petani Tembakau di Sumedang Minta Optimalkan Sapras dari DBHCHT

Pemberian Bansos tersebut, kata Ade, adalah kegiatan tahunan. “Semoga tahun depan dapat memberikan lebih besar lagi kepada masyarakat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button