CuacaSumedang

BPBD Sumedang: Hindari Kegiatan di Aliran Sungai Saat Musim Hujan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di daerah aliran sungai saat musim hujan tiba. Mengingat, bisa membahayakan keselamatan jiwa.

“Ya, saat ini cuaca sulit diprediksi, bisa saja aliran sungai sewaktu waktu besar ketika terjadi hujan di bagian hulu,” ujar Kalak Atang Sutarno kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Minggu (17/12/2023).

Baca Juga :  BPBD Sumedang: Puluhan Pohon Rawan Tumbang di Jalur Cigendel-Cadas Pangeran Mulai Ditebang

Ia memohon kerjasamanya demi keselamatan bersama. Sehingga, masyarakat harus memahaminya.

“Kami dari BPBD Sumedang telah mengedukasi dan menyosialisasikan pada masyarakat terkait himbauan menghindari kegiatan di aliran sungai,” ucapnya.

Ia menerangkan, beberapa contoh kegiatan di aliran sungai, bagi yang suka memancing maka untuk sementara tidak dilakukan dulu, guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Hari ke 5 Roadshow Sosialisasi Hari Pemungutan Suara Pemilu 2024, KPU Sumedang Sambangi Tempat Keramaian

Selain itu, bagi masyarakat yang suka mengadakan kegiatan di aliran sungai seperti susur sungai atau kegiatan lainnya apalagi sekarang menghadapi libur sekolah, agar dihindari dulu.

“Nah, dalam mengantisipasi cuaca ekstrem seperti saat ini, sebenarnya buka hanya kegiatan di aliran sungai saja yang harus diperhatikan, namun juga tempat lain yang dinilai rawan bencana,” terangnya.

Baca Juga :  Tak ada Korban Jiwa Dalam Kecelakaan Bus Terguling di Buper Kiara Payung Sumedang

Maka, sambung Atang, untuk warga yang rumahnya berada di pinggiran tebing misalnya dimohon untuk lebih waspada.

“Begitupun dengan yang suka melakukan perkemahan dihimbau untuk lebih hati hati dan lebih memperhatikan lingkungan sekitar,” tukas Atang Sutarno. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button