Sumedang

Bersumber dari DBHCHT, Puluhan Petani Tembakau di Sumedang Dapat Bantuan Sarpras

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Guna mendorong peningkatan produktivitas pertanian tembakau, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang menyalurkan bantuan sarana prasarana (Sarpras) pertanian kepada 27 kelompok tani tembakau di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Kamis (4/5/1023).

Kepala DPKP Kabupaten Sumedang H. Sajidin, melalui Diki Sudarma selaku pejabat fungsional Bidang Sarpras mengatakan, bahwa
bantuan sarpras telah disalurkan kepada puluhan kelompok tani yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Sumedang.

Baca Juga :  Bersumber dari DBHCHT, Buruh Tani Tembakau di Sumedang Akan Mendapat Bantuan Bibit Hewan Ternak

“Bantuan sarpras ini diantaranya, traktor roda 2 sebanyak 5 unit, cultivator sebanyak 10 unit, pompa air 3 inch sebanyak 7 unit, dan mesin babat rumput sebanyak 5 unit,” ucapnya.

Diki menyebutkan, bantuan alat mesin pertanian yang disalurkan itu diharapkan dapat mendukung terhadap peningkatan produktivitas usaha masyarakat pada sektor pertanian tembakau.

“Bantuan alat mesin pertanian ini, khusus untuk para petani tembakau. Soalnya sumber anggaran yang digunakannya juga bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Sumedang tahun 2023 sebesar Rp 340 juta,” kata Diki.

Baca Juga :  Pengawasan Peredaran Rokok Ilegal di Sumedang Libatkan Mitra Tibumtranmas

Diki melanjutkan, semua bantuan sapras tersebut tentunya telah disesuaikan dengan kebutuhan para petani tembakau. Dimana, untuk memudahkan mereka dalam melakukan pengolahan lahan pertanian.

“Bantuan ini, sebagai bentuk dukungan Pemda Sumedang dalam mendorong peningkatan produktivitas pertanian. Kami berharap usaha pertanian tembakau di Sumedang bisa terus meningkat, sehingga perekonomian para petani juga ikut meningkat,” ujar Diki.

Baca Juga :  Kodim 0610 Sumedang Sosialisasikan Manfaat Pemakaian Pupuk Organik

Dirinya juga berpesan kepada para kelompok tani, supaya dapat memanfaatkan bantuan alat pertanian tersebut dengan sebaik mungkin untuk kemajuan usaha pertanian di wilayah Kabupaten Sumedang.

“Akhir-akhir ini tenaga kerja di sektor pertanian sudah mulai sulit. Namun dengan adanya bantuan ini tentu akan lebih mengefisienkan waktu dan tenaga para petani dalam melakukan pengolahan lahan. Jadi tolong pelihara bantuan alat pertanian ini dengan sebaik mungkin,” tukas Diki. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button