InternasionalRamadhan

Menengok Ramadhan di Negeri “King Salman” : Dari Tarawih Satu Juz hingga Buka Puasa Gratis Setiap Hari

TAHUEKSPRES,ARAB SAUDI- Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Setiap negara memiliki kebiasaan atau suasana Ramadhan yang berbeda, termasuk di Arab Saudi.

Banyak Warga Negeri Indonesia yang sengaja melaksanakan umroh saat bulan Ramadhan atau memang tinggal di Arab Saudi untuk pendidikan atau sebagai Pekerja Migran.

Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Arab Saudi adalah Farhan Saadilah Habib. Warga Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang ini sudah 1 (satu) tahun lebih tinggal di Kota Madinah, Arab Saudi.

Banyak hal yang Farhan rasakan berbeda saat berpuasa di Indonesia dan Arab Saudi. Cuaca menjadi hal yang jelas berbeda terutama saat di Sumedang dan ketika di Madinah. Cuaca di Madinah dikisaran 35°-40° Celcius saat siang hari. Tentu hal ini berbeda dengan cuaca Sumedang relatif sejuk .

Lebih lanjut, Farhan menceritakan hal yang menarik adalah ketika di Madinah adalah disediakan takjil gratis setiap hari. Menunya tentu khas timur tengah, seperti Laban sejenis yoghurt khas Arab yang terbuat dari Susu Kambing Sapi atau Susu Kambing yang difermentasi.

Serta ada menu lain seperti Kurma, Teh Adeni, bahkan roti kebuli. Farhan menceritakan banyak warga Indonesia yang umroh atau menetap di Madinah sering mendapatkan menu takjil.

“Kalo disini orang-orang berbondong buat sedekah buat iftar (menu berbuka), Alhamdulillah untuk berbuka puasa selalu ada iftar gratis untuk jamaah,” ungkapnya.

Arab Saudi sebagai pusat ziarah umat Islam se dunia tentunya dikunjungi jutaan orang setiap tahunnya. Saat bulan Ramadhan sholat tarawih di Madinah Arab Saudi cukup lama. Dari penjelasan Farhan mesjid Nabawi menjalan kan sholat tarawih dengan bacaan 1 Juz setiap harinya.

“Di Madinah taraweh 23 rokaat. Lumayan agak lama karena 30 Juz Al Qur’an untuk Taraweh satu bulan,” jelasnya.

Selain Mesjid Nabawi ada mesjid-mesjid ikonik lainnya di Madinah seperti Mesjid Quba, yakni mesjid pertama yang didirikan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu Farhan menceritakan ada tempat-tempat lainnya yang rekomendasi dikunjungi seperti Pemakaman Baqi dan Makam Nabi Muhammad SAW.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button